Bab 5 teknik pengumpulan data

BAB V
TEKNIK PENGUMPULAN DATA
1. TEKNIK WAWANCARA
Wawancara (interview) telah diakui sebagai teknik pengumpulan data/fakta yang penting dan
banyak dilakukan dalam pengembangan system informasi. Wawancara memungkinkan analis sistem
sebagai pewawancara (interviewer) untuk mengumpulkan data secara tatap muka langsung dengan orang
yang diwawancarai (interviewee).
A. Mempersiapkan Wawancara
1. Aturlah pertemuan dengan orang yang akan diwawancarai terlebih dahulu
2. Utarakan maksud dari wawancara.
3. Aturlah waktu wawancara yang paling tepat supaya tidak mengganggu kerja dari orang yang
diwawancarai.
4. Buatlah jadwal wawancara terlebih dahulu, bila wawancara akan dilakukan beberapa kali atau
oleh pewawancara yang berbeda dan orang yang diwawancarai juga berbeda.
5. Buatlah suatu panduan wawancara (interview guide) supaya wawancara dapat berjalan dengan
lancer. Interview guide adalah daftar pengecekan (checklist) dari pertanyaan-pertanyaan yang
akan diajukan oleh pewawancara serta penjadwalan waktunya.
B. Melakukan Wawancara
1. Mengenalkan diri terlebih dahulu siapa sebenarnya Anda.
2. Menjelaskan apa tujuan dari wawancara ini dan hubungannya dengan proyek sistem informasi
yang sedang dikembangkan.
3. Menjelaskan peranan-peranan yang akan diberikan oleh orang yang diwawancarai dari hasil
wawancara ini.
4. Pada akhir wawancara, bacakanlah rangkuman-rangkuman dari hasil wawancara dan mintalah
kepada yang diwawancarai untuk membetulkan bila ada hal-hal yang tidak sesuai.
5. Ucapkkanlah terima kasih bila wawancara telah selesai serta mintalah kesediaan kembali untuk
dihubungi atau untuk diadakan wawancara lagi bila mana perlu

1. TEKNIK WAWANCARA
Wawancara (interview) telah diakui sebagai teknik pengumpulan data/fakta yang penting dan
banyak dilakukan dalam pengembangan system informasi. Wawancara memungkinkan analis sistem
sebagai pewawancara (interviewer) untuk mengumpulkan data secara tatap muka langsung dengan orang
yang diwawancarai (interviewee).
A. Mempersiapkan Wawancara
1. Aturlah pertemuan dengan orang yang akan diwawancarai terlebih dahulu
2. Utarakan maksud dari wawancara.
3. Aturlah waktu wawancara yang paling tepat supaya tidak mengganggu kerja dari orang yang
diwawancarai.
4. Buatlah jadwal wawancara terlebih dahulu, bila wawancara akan dilakukan beberapa kali atau
oleh pewawancara yang berbeda dan orang yang diwawancarai juga berbeda.
5. Buatlah suatu panduan wawancara (interview guide) supaya wawancara dapat berjalan dengan
lancer. Interview guide adalah daftar pengecekan (checklist) dari pertanyaan-pertanyaan yang
akan diajukan oleh pewawancara serta penjadwalan waktunya.
B. Melakukan Wawancara
1. Mengenalkan diri terlebih dahulu siapa sebenarnya Anda.
2. Menjelaskan apa tujuan dari wawancara ini dan hubungannya dengan proyek sistem informasi
yang sedang dikembangkan.
3. Menjelaskan peranan-peranan yang akan diberikan oleh orang yang diwawancarai dari hasil
wawancara ini.
4. Pada akhir wawancara, bacakanlah rangkuman-rangkuman dari hasil wawancara dan mintalah
kepada yang diwawancarai untuk membetulkan bila ada hal-hal yang tidak sesuai.
5. Ucapkkanlah terima kasih bila wawancara telah selesai serta mintalah kesediaan kembali untuk
dihubungi atau untuk diadakan wawancara lagi bila mana perlu
2. TEKNIK OBSERVASI
Observasi atau pengamatan merupakan salah satu teknik pengumpulan data data yang cukup
efektif untuk mempelajari suatu sistem. Observasi adalah pengamatan langsung suatu kegiatan yang
sedang dilakukan.
C. Petunjuk Melakukan Observasi
Untuk melakukan observasi, hal-hal berikut ini harus dilakukan :
a. Rencanakan terlebih dahulu obsevasi yang akan dilakukan, meliputi :
- apa yang akan diobservasi;
- dimana letak lokasi observasi;
- kapan observasi akan dilakukan;
- siapa yang melaksanakan observasi lain;
- siapa yang akan diobservasi;
- bagaimana melaksanakan observasi ini;
b. Minta ijin terlebih dahulu dari manajer atau pegawai-pegawai yang terlibat.
c. Bertindaklah dengan rendah hati (low profile).
d. Lengkapilah dengan catatan selama observasi berlangsung.
e. Kaji ulanglah hasil observasi dengan individu-individu yang terlibat.
2. TEKNIK DAFTAR PERTANYAAN
Adalah suatu daftar yang berisi dengan pertanyaan-pertanyaan untuk tujuan khusus yang
memungkinkan analis sistem untuk mengumpulkan data dan pendapat dari responden-responden yang
dipilih. Daftar pertanyaan ini kemudian akan dikirimkan kepada responden yang akan mengisinya sesuai
dengan pendapat mereka. Pengunaan daftar pertanyaan ini mendapat banyak kritikan karena diragukan
hasilnya. Akan tetapi untuk mengumpulkan data dari jumlah sumber yang banyak cara ini lebih efisien
dibandingkan teknik pengumpulan data yang lain.
D. Tipe dari daftar pertanyaan
Ada dua macam format dari daftar pertanyaan, yaitu format bebas (free format) dan format pasti (fixed
format). Dalam suatu daftar pertanyaan dapat hanya berbentuk format bebas saja atau format pasti saja
atau berisi dari gabungan dari keduanya
1. Daftar Pertanyaan Format Bebas : berisi dengan pertanyaan-pertanyaan yang harus diisi oleh
responden ditempat yang sudah disediakan.
2. Format Pasti : berisi dengan pertanyaan-pertanyaan yang jawabannya sudah pasti dengan
memilih jawaban yang tersedia. Hasil dari pertanyaan tipe ini akan lebih mudah untuk ditabulasi
dan diisi oleh responden. Daftar pertanyaan tipe ini mempunyai beberapa bentuk pertanyaan.
1. Check-off questions : macam dari pertanyaan-pertanyaan ini dibuat sehingga
responden dapat memeriksa (check-off) jawaban-jawaban yang sesuai.
2. Yes/No questions : macam dari pertanyaan-pertanyaan ini memungkinkan
responden untuk menjawab ‘ya’ atau ‘tidak’.
3. Opinion/Choice question : macam dari pertanyaan-pertanyaan ini memungkinkan
responden untuk memberikan pendapatnya.
E. Petunjuk Membuat Daftar Pertanyaan
1. Rencanakan terlebih dahulu fakta-fakta atau opini-opini apa saja yang ingin dikumpulkan.
2. Berdasarkan fakta-fakta atau opini-opini tersebut, tentukanlah tipe dari daftar pertanyaan yang
paling tepat untuk masing-masing fakta atau opini tersebut.
3. Tuliskan pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan.
4. Ujian daftar pertanyaan ini kepada responden yang kecil terlebih dahulu.
5. Perbanyaklah dan distribusikanlah daftar pertanyaan yang sudah dianggap baik ini

Komentar